Rumah Cinta Dokter Sumi

  • By IBW Widiasa Keniten
  • 21 Oktober 2022

Judul Buku: Rumah Cinta Dokter Sumi

Penulis: IBW Widiasa Keniten

Penerbit: Pustaka Ekspresi

Cover: Made Saputra, S.Pd.,M.Si.

Sebuah karya sastra tentu lahir tidak dari kekosongan. Ia tercipta dari beragam akumulasi yang dirasakan, dipikirkan, dan direnungkan oleh seorang penulis. Artinya, seorang penulis tidak berpangku tangan dalam melihat gejolak masyarakat karena penulis juga bagian dari masyarakat. Dalam persentuhan itu, terjalin proses kreatif dalam dirinya yang diwujudkan dalam sebuah karya sastra apapun wujudnya, apakah puisi, cerpen, novel, maupun drama. Kegundahan seorang penulis tersalurkan dalam sebuah karya sastra, begitu juga halnya dalam kumpulan cerpen Rumah Cinta Dokter Sumi.

​Cerpen-cerpen yang terkumpul dalam Rumah Cinta Dokter Sumi dibalut dalam bingkai cinta dalam konteks luas. Cinta kehidupan, cinta semesta, cinta kemanusiaan dan cinta dalam diri. Sentuhan kreatif inilah yang melahirkan kumpulan Rumah Cinta Dokter Sumi. ​Cerpen-cerpen ini sudahpernah  dimuat di media massa cetak maupun online. Sebagai sebuah karya sastra, tentu hanya mengungkapkan sekelumit kehidupan sosial budaya yang bisa ditangkap sesuai dengan kemampuan penulis dari sekian ragam perubahan yang terjadi dalam kehidupan sosial masyarakat. 

Cerpen-cerpen dalam kumpulan Rumah Cinta Dokter Sumi masih bersifat konvensional, belum ada pencarian-pencarian terbaru dalam karya sastra cerpen. Teramat mungkin tidak akan memberikan keindahan dan kenikmatan bagi para pecinta sastra maupun pembaca yang budiman.


TAGS :

IBW Widiasa Keniten

Ida Bagus Wayan Widiasa Keniten lahir di Giriya Gelumpang, Karangasem. 20 Januari 1967. Lulus Cum Laude di Prodi Linguistik, S-2 Unud 2012. Tulisan-tulisannya tersebar di berbagai media massa berupa esai, karya sastra maupun kajian bahasa dan sastra baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Bali. Cerpen-cerpennya pernah memenangkan lomba tingkat Nasional maupun provinsi.

Komentar