Luh Dulang Ngiring Desak Made Ngalih Bulan

  • By I Made Sugianto
  • 02 November 2022
Pustaka Ekspresi

Judul : Luh Dulang Ngiring Désak Madé Ngalih Bulan

Penulis : IBW Widiasa Keniten

Tebal : 111 halaman

 

 

BUKU kumpulan cerita pendek Luh Dulang Ngiring Désak Madé Ngalih Bulan karya IBW Widiasa Keniten menyajikan 20 cerita. Dari 20 judul ini, selusin di antaranya berjudul nama orang. Dari pengambilan judul antologi, pembaca seakan digiring tentang isu yang viral di berbagai media sosial. Dulang dan Desak bagi masyarakat Bali sangat melekat. Dulang yang diulas oleh penulis bukanlah tempat sesaji, tetapi makna kias yang merujuk kepada perilaku tokoh agama yang menyimpang. Begitulah dugaan awal pembaca melihat judul kumpulan cerita ini. Untuk membuktikannya, Anda harus membaca bersungguh-sungguh, apa sesungguhnya yang digunjingkan penulis dalam karyanya.

Desak, lagi-lagi isu viral di media sosial. Banyak krama Bali merasa tersakiti oleh ucapan seorang tokoh intelektual yang menistakan agama leluhurnya. Menistakan adat budaya tanah kelahirannya. Siapakah Desak yang disindir oleh penulis dalam karyanya? Anda semua harus membaca secara utuh dan menyeluruh. Cerpen ini juga menarik dari segi judul karena ternyata penulis menyambungkan judul-judul yang ada menjadi satu-kesatuan judul antologi. IBW Widiasa Keniten menulis isu-isu kekinian dengan mengalir. Sangat menarik untuk dibaca.


TAGS :

I Made Sugianto

I Made Sugianto lahir di Banjar Lodalang, 19 April 1979 bertepatan Wraspati Wage Dungulan (Sugian Jawa). Kini istirahat sejenak dari pekerjaan sebagai wartawan NusaBali untuk mengbadi sebagai Kepala Desa di tanah kelahirannya, Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Tabanan.

Komentar