Cyber Pedagogy Pembelajaran Abad 21

  • By Dewa Nyoman Sarjana
  • 27 November 2023
Pustaka Ekspresi

Buku ini terdiri dari 7 bab meliputi fenomena pengantar yang membahas mengapa ilmu cyber pedagogy diperlukan, apakah guru masih diperlukan akibat kemajuan teknologi informasi. Juga dibahas bagaimana pelibatan teknologi informasi dalam pembelajaran seperti teknologi sebagai sumber belajar, teknologi sebagai platform belajar secara on line dan offline dan juga sebagai insfrastruktur manajemen pengetahuan. Buku ini juga membahas prinsip dalam cyber pedagogy seperti syber pedagogy memberi akses terbuka selama 24 jam bagi peserta didik, internet bersifat dinamis, pembelajaran intuitif, kontekstual dan kritis, pembelajaran multi arah. Bagaimana posisi dan strategi para pendidik? Guru mesti menjadi kendali dalam pembelajaran, guru sebagai arsitek pembelajaran. Guru mesti mereposisi diri dan menunjukkan multi peran dalam pembelajaran.

Dalam ulasan terakhir buku ini menyajikan bagaimana menjadikan pembelajaran itu lebih menarik seperti memberi tugas bersifat eksplisit, personalisasi konteks belajar, diskusi berbasis konten, mendorong siswa berkolaborasi, mengembangkan situasi yang dilematis dan paradox, skenario penuh kejutan, menggunakan berbagai gamification serta berinteraksi dengan ragam sumber lain. Di akhir buku ini mengajak para guru untuk bergabung dengan berbagai asosiasi atau perkumpulan teknologi informasi yang sedang berkembang.


TAGS :

Dewa Nyoman Sarjana

Ketua PGRI Kabupaten Tabanan ini suka menulis artikel dan karyanya tersebar di sejumlah media cetak. Pernah menjabat Kasek SMP di kota Tabanan, Pupuan, Baturiti, dan SMPN 2 Kediri. Belakangan ini, dia gemar menulis puisi dan cerpen berbahasa Bali maupun Bahasa Indonesia. Punya hobi berkebun dan pecinta tanaman hias. 

Komentar