Peran Bahasa Indonesia dalam Pembentukan Identitas Budaya Bangsa

  • By Ni Putu Wulan Diary
  • 05 Januari 2024
pixabay

Abstrak

Bahasa Indonesia adalah bahasa yang diaplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa Indonesia sangat penting diterapkan di dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dilihat dari kedudukannya dalam kehidupan berbangsa serta bernegara bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional serta sebagai bahasa negara. Bahasa Indonesia mempunyai peran penting di dalam pembentukan identias budaya bangsa Indonesia karena bahasa resmi serta bahasa persatuan. Bahasa Indonesia dijadikan sebagai alat komunikasi yang dimana menyatukan keberagaman etnis, suku, dan, budaya di Indonesia. Peran Bahasa Indonesia berupaya menciptakan jembatan antar kelompok yang berbeda serta memperkuat kesatuan di dalam keberagaman. Tujuan dari kajian ini membahas tentang pembentukan identitas budaya bangsa. Di dalam penelitian ini menerapkan metode penelitian studi kepustakaan (Library Research). Dengan cara pengumpulan data yang diaplikasikan yaitu jurnal, artikel, dan dokumen lainnya. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis serta disajikan dalam deskritif. Dengan adanya penelitian ini baik masyarakat maupun peserta didik dapat melestarikan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa serta menghormati tentang keberagaman baik dalam bidang ras, suku, agama maupun budaya.

 

1.    PENDAHULUAN

Bahasa Indonesia adalah sebuah simbol yang menjadi peranan sentral di dalam persatuan masyarakat Indonesia yang mencakup berbagai ribuan suku dan budaya. Nilai Bahasa Indonesia sangat penting pemerintah maupun rakyat Indonesia mempertahankan nilai yang akan diwariskan kepada generasi muda.

Identitas budaya dapat dipahami dari nilai-nilai karateristik budaya suatu bangsa yang dapat menjadi pembeda antar budaya bangsa. Peran bahasa Indonesia sangat diperlukan karena dapat mentaukan kelompok etnis yang berbeda. Bahasa Indonesia tidak dapat dipisahkan dari suatu identitas suatu bangsa. Maka disinilah letak pentingnya bahasa menjadi identitas budaya karena di dalam lembaga pendidikan yang menjadikan tolak ukur guna menilai hal itu. Di dalam sebuah pendidikan tidak membedakan agama, suku, bangsa, dan ras serta budaya.

Penggunaan bahasa Indonesia memiliki pengaruh yang sangat besar, karena di setiap daerah menggunakan bahasa yang berbeda-beda sesuai dengan budaya serta bahasa yang digunakan secara turun temurun sehingga dengan menggunakan bahasa Indonesia dapat mempermudah komunikasi. Bahasa dapat mempersatukan bangsa Indonesia dengan keberagaman suku, bangsa, agama serta budaya.

Sementara itu, pemakaian bahasa Indonesia bisa memperbanyak kosakata dengan berkemampuan berbahasa Indonesia dimana berpengaruh baik terhadap kemampuan berkomunikasi bahasa Indonesia yang terdapat di dalam masyarakat.

Dengan ini bahasa Indonesia dapat rasa nasionalisme serta sangat penting di dalam masyrakat maupun di lingkungan sekolah sebagai pembentukan Identitas. Dengan ini artikel ini mengharapkan baik masyarakat maupun peserta didik memahami serta mengenal lebih jauh pembentukan identitas budaya bangsa.

 

2.    METODE

a.      Jenis Penilitian

Jenis penelitian artikel ini adalah penelitian kualitatif. Menurut pemahaman Arifin (2012:140) penelitian kualitatif diterapkan dengan secara wajar serta natural sesuai yang terdapat di dalam fenomena di lapangan. Dengan mengunakan jenis penelitian ini dikarenakan adanya jenis data seperti data yang tertulis dari sebuah subjek yang diteliti.

b.      Metode Penelitian

Pada makalah ini menggunakan kajian metode dengan mengumpulkan bahan dari buku, jurnal, dan membuat gagasan dari berbagai sumber terdapat bentuk deskritiptif adalah bentuk sebuah penelitian yang paling dasar yang di mana ditujukan ke dalam mendeskripsikan ataupun menggambarkan fenomena-fenomena yang nyata (Sukmadinata, 2010,72)

c.       Sumber Data dan Data Penelitian

Sumber data yang terdapat di dalam kajian ini ialah asal maupun subjek karena data yang didapatkan di dalam penelitian. Data penelitian maupun sumber data dapat diperjelas sebagai berikut:

a.       Sumber Data

Subjek yang terdapat di dalam penelitian ini adalah mengamati hal apa yang terjadi di lapangan dengan menulis berbagai hal-hal yang diduga penting sebagai penunjang di dalam tujuan penelitian yang terdapat dari berbagai artikel maupun jurnal yang telah dibaca.

b.      Data Penelitian

Berdasarkan data penelitian ini pada Peran Bahasa Indonesia dalam Pembentukan Identitas Budaya Bangsa

 

3. HASIL DAN PEMBAHASAN

Peran Bahasa Indonesia dalam Pembentukan Identitas Budaya Bangsa

Bahasa ialah salah satu elemen penting dalam pembentukan identitas budaya bangsa. Bahasa berfungsi menjadi alat komunikasi, ekspresi, serta alat pemersatu. Dalam konteks Indonesia, bahasa Indonesia mempunyai peranan yang teramat penting untuk pembentukan identitas budaya bangsa.

Bahasa Indonesia memiliki beberapa peran dalam pembentukan identitas budaya bangsa, yaitu:

Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi antar warga negara Indonesia yang berasal dari bermacam suku bangsa juga budaya. Bahasa Indonesia menjadi sarana yang memungkinkan mereka untuk saling memahami dan berkomunikasi. Dengan bahasa Indonesia, mereka dapat berbagi informasi, ide, dan gagasan.

Bahasa adalah alat komunikasi yang sangat baik untuk penyampaian pikiran, pesan, dan perasaan seseorang, yang memungkinkan orang untuk bekerja sama satu sama lain (Mailana,2022).

Di dalam penerapan bahasa yang baik maupun yang benar akan sangat mempengaruhi pada berkomunikasi. Ketika salah di dalam penggunaan kata serta menyusun sebuah kalimat ketika menulis pesan dapat menyebabkan kesalahpahaman. Fungsi bahasa sebagai alat komunikasi menurut pemahaman Chaer (dalam Diah & Wulandari, 2015) terdapat lima fungsi dasar yakni:

a.       Fungsi Ekspresi

Bahasa berfungsi sebagai ekspresi dapat memberikan sebuah konsep, bahasa yang mencakup sebuah media manusia di dalam menciptakan ungkapan-ungkapan bathin baik yang mau diutarakan penutur terhadap orang lain maupun lawan tuturnya.

 

b.      Bahasa sebagai Fungsi Informasi

Bahasa sebagai media berperan di dalam menyampaikan baik amanat maupun pesan terhadap seseorang.

c.       Pengguna mampu menjelaskan suatu hal

Bahasa berfungsi sebagai menjelaskan sesuatu tentang perkara bahkan juga sebuah kejadian maupun keadaan yang menunjukkan bahasa pun memiliki fungsi dalam media eksplorasi.

d.      Fungsi Persuasi

Bahasa fungsi sebagai persuasi dapat mengajak serta mempengaruhi seseorang

e.       Fungsi Entertainment

Bahasa dapat berfungsi sebagai hiburan serta rasa senang bahkan dapat memuaskan batin

Bahasa Indonesia mempunyai peranan yang teramat penting sebagai alat komunikasi karena di setiap daerah memiliki bahasa daerahnya yang begitu beragam.

Dengan demikian, bahasa Indonesia menjadi bahasa nasional yang harus dipahami oleh semua masyarakat di seluruh Indonesia, sehingga lebih mudah untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai suku dan daerah di Indonesia. Indonesia memiliki banyak bahasa daerah yang berbeda, yang membuatnya menjadi negara yang kaya.

Hal ini merupakan harta karun yang berharga dan harus dijaga. Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi sangat jarang digunakan karena masyarakat yang bermukim di daerah jarang berinteraksi mengunakan bahasa Indonesia mereka lebih sering mengunakan bahasa daerahnya, sehingga menyulitkan untuk merangkai kalimat pada saat berkomunikasi.

Bahasa Indonesia sebagai Alat Ekspresi

Bahasa Indonesia juga diterapkan menjadi alat ekspresi dalam menyampaikan nilai-nilai budaya bangsa. Melalui bahasa Indonesia, masyarakat Indonesia dapat mengekspresikan nilai-nilai luhur bangsa, seperti Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan gotong royong.

Selain itu, bahasa digunakan dalam mengungkapkan sebuah ide maupun gagasan atau gambaran dengan maksud serta perasaan. Bahasa dapat menyatakan yang tersirat di dalam hati maupun perasaan serta pemikiran yang secara terbuka terhadap orang lain. Hal yang dapat mendorong kita di dalam mengskpresikan diri yakni:

a.    Dapat memberikan daya tarik pada orang lain terhadap diri kita

b.    Bentuk keinginan di dalam membebaskan diri kita akan tekanan emosi. Contohnya ketika kita sedang marah terhadap seseorang maka ekspresi kita akan menampakkan eskpresi marah dan ketika kita bahagia ekspresi kita menunjukkan ekspresi bahagia. Begitu pula ketika kita sedih maka akan menunjukkan eskpresi sedih.

c.    Dengan ekspresi diri membuat orang lain dapat mengetahui apa isi hati yang kita dapat rasakan tanpa harus kita berbicara atau menginformasikan kepada orang lain.

Bahasa Indonesia sebagai Alat Pemersatu

Bahasa Indonesia berfungsi menjadi alat pemersatu bangsa yang majemuk, dengan bahasa Indonesia, bermacam suku bangsa dan budaya di Indonesia dapat bersatu serta hidup berdampingan secara harmonis.

Bahasa Indonesia menjadi simbol persatuan dan kesatuan bangsa. Di dalam Ikrar Sumpah Pemuda salah satunya terdapat pengakuan bahasa Indonesia yang dimana tidak dapat dipisahkan dari tanah air serta bangsa Indonesia.

Bahasa Indonesia sendiri bukan hanya menjadi alat ekspresi nasionalisme akan tetapi menjadi aspirasi mengenai Indonesia.

Di dalam pengamalanya bahasa Indonesia yang baik maupun benar sangat jarang ditemukan bahkan anak-anak maupun orang dewasa sering kali menggunakan bahasa-bahasa gaul atau trend. Bahasa Indonesia ditunjukkan dengan proses sosial maupun budaya serta politik hal ini menjadi sikap bersama di dalam bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, bahasa Indonesia dinyatakan menjadi cerminan sikap kebangsaan yang memajukan Bhineka Tunggal Ika.

Pengaruh Bahasa Indonesia terhadap Identitas Budaya Bangsa

Bahasa Indonesia mempunyai pengaruh yang besar atas pembentukan identitas budaya bangsa. Bahasa Indonesia telah menjadi identitas yang menyatukan berbagai suku bangsa serta budaya di Indonesia.

Bahasa Indonesia pun telah menjadi sarana untuk melestarikan nilai-nilai budaya bangsa. Setiap orang membutuhkan bahasa ketika berkomunikasi maupun berinteraksi di dalam mengungkapkan ide maupun pendapat di dalam hubungan sosial.

Seiring dengan perkembangannya penggunaan bahasa Indonesia bergeser dan digantikan dengan bahasa gaul baik secara tulisan maupun lisan, baik secara formal maupun non formal sehingga pengunaan bahasa menjadi kacau dan tidak benar.

Hal ini akan menyebabkan perubahan bahasa yang beragam dengan bahasa gaul yang diciptakan oleh orang yang tidak bertanggung jawa mulai dari perilaku, perbuatan akan merujuk kepada kosakata yang diucapkan.

Untuk menghindari pemakai bahasa gaul yang marak digunakan oleh anak muda dengan cara memberikan edukasi maupun tindakan untuk menanamkan kecintaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

 

4. PENUTUP

Simpulan

Peran Bahasa Indonesia dalam pembentukan identitas budaya bangsa mencakup salah satu unsur penting dalam pembentukan identitas budaya bangsa. Bahasa berfungsi sebagai alat komunikasi, alat ekspresi, dan alat pemersatu.

Bahasa Indonesia mempunyai pengaruh yang besar atas pembentukan identitas budaya bangsa. Bahasa Indonesia telah menjadi identitas yang menyatukan berbagai suku bangsa serta budaya di Indonesia. Bahasa Indonesia pun telah menjadi sarana untuk melestarikan nilai-nilai budaya bangsa. Setiap orang membutuhkan bahasa ketika berkomunikasi maupun berinteraksi di dalam mengungkapkan ide maupun pendapat di dalam hubungan sosial.

Saran

Kita sebagai penerus bangsa harus bangga terhadap kebergaaman budaya yang kita miliki serta bahasa Indonesia yang menjadi pemersatu dan identitas bangsa. Ketika menggunakan bahasa Indonesia kita sudah mengambil peran dalam pembentukan identitas budaya bangsa.

 

 

5. DAFTAR PUSTAKA

Bulan, D. R. (2019). Bahasa Indonesia sebagai Identitas Nasional Bangsa Indonesia. JISIPOL| Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(2), 23-29.

Nugroho, A. (2015). “Pemahaman kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia sebagai dasar jiwa nasionalisme”. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB2015 [Online]. 285-291. Tersedia pada: http://repository.unib.ac.id/11134/1/ 29.%20Agung%20Nugroho.pdf 

Wibowo, A. H. (2019). Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan dan Identitas Bangsa. Kata Kita: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2), 171-184.

Mailana, Okarisma. “Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia.” KAMPRET Journal, Vol. 1 No 2, 2022.


TAGS :

Ni Putu Wulan Diary

Ni Putu Wulan Diary

Lahir                : Denpasar, 24 Mei 2003

Contac            : [email protected]

Pendidikan     : Menempuh Pendidikan di Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

IG                    : wdiary16

Komentar